11 Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam rempah. Salah satu rempah tersebut adalah daun serai. Tumbuhan serai mempunyai nama latin cymbopogon nardus ataupun diucap sereh. Serai merupakan tumbuhan semak yang berasal dari daerah tropis. Serai dapat tumbuh subur jika berada pada area yang lembab atau dekat dengan air.

Daun serai memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga sering digunakan dalam berbagai masakan, fungsinya untuk menghilangkan bau yang kurang sedap pada ikan atau daging. Daun serai tidak hanya bisa membuat masakan menjadi makin harum dan enak. Lebih jauh, serai juga merupakan rempah alami yang kaya akan manfaat buat kesehatan.

Serai mempunyai zat anti mikroba, antioksidan, anti- kanker, serta anti peradangan. Tidak hanya itu, serai pula salah satu sumber terbaik buat vit A, C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potasium, kalsium, serta mangan.

Berikut merupakan sebagian khasiat kesehatan yang dapat Kalian miliki dengan komsumsi serai, semacam dikutip oleh Health Me Up.

1. Menurunkan Kolesterol

Menurut sebuah artikel di Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, konsumsi ekstrak serai muncul untuk menurunkan kolesterol pada hewan. Riset ini mencatat kalau reaksinya bergantung dosis. Ini berarti bahwa lebih banyak serai dapat menurunkan kolesterol lebih lanjut.

Suatu riset yang dicoba di University of Wiconsin ditemui kalau kolesterol berlebih pada badan dapat diatasi dengan serai. Di dalam serai, terkandung senyawa anti kolesterol yang bisa bantu menurunkan kolesterol dan membuatnya selalu dalam kondisi stabil. Kandungan kalium yang tinggi dalam serai tak hanya bantu menurunkan kolesterol saja. Lebih jauh, daun serai juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

2. Mengobati Flu dan Pilek

Untuk manfaat selanjutnya dari serai adalah sebagai obat flu dan pilek. Aroma serai yang wangi dan kandungan nutrisinya yang sangat mengesankan menjadikan serai sangat baik dalam mengobati flu dan pilek. Tidak cuma itu saja, serai pula dikatakan sanggup membuat sistem pernafasan jadi lebih sehat. Daun serai juga bisa mengobati masalah asma dan bronkitis.

3. Mengalahkan Insomnia

Terlepas dari proses pembersihan, serai juga memiliki efek menenangkan yang membantu Kamu tidur lebih nyenyak dan mengatasi insomnia. Serai hendak menyeimbangkan zat kimia dalam badan yang merangsang tidak bisa tidur ataupun permasalahan saraf.

4. Kesehatan Kulit

Serai bisa memurnikan darah dan melancarkan sirkulasi darah. Ini dapat menolong menanggulangi permasalahan kulit semacam jerawat ataupun eczema. Tidak hanya itu, serai pula membuat kulit bercahaya secara natural.

5. Menghindari Infeksi

Bagi Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering, hasil riset menampilkan kalau serai bisa jadi mempunyai keahlian menghindari peradangan. Sebagai contoh, ramuan tampaknya mengurangi insidensi sariawan, infeksi jamur yang umumnya menyerang orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti mereka dengan HIV.

6. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Di banyak negara terutama indonesia di mana tanaman serai berasal dari daerah tersebut, orang akan mengambil batang serai serta mengunyahnya bagaikan metode buat tingkatkan kesehatan gigi serta melindungi mulut senantiasa bersih.

The Food Chemistry jurnal yang diterbitkan sebuah studi mengonfirmasi temuan ini. Para penulis melihat 12 ramuan dan menemukan bahwa ekstrak herbal serai adalah salah satu penghambat pertumbuhan bakteri yang paling poten dalam sampel laboratorium. Mereka menggunakan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang di mulut, termasuk Streptococcus Sanguinis.

7. Menghilangkan Rasa Sakit

Menurut sebuah penelitian, serai mungkin dapat memblokir rasa sakit. Ini berarti bahwa minum teh serai berpotensi membantu mencegah seseorang dari merasakan rasa sakit, dilansir dari laman Medical News Today.

8. Mencegah Kanker

Manfaat berikutnya dari serai adalah sebagai minuman herbal yang bisa mencegah kanker. Nutrisi yang tercantum di dalam serai dipercaya sanggup menewaskan sel kanker dalam badan.

Begitu juga dengan studi yang dipublikasikan di Journal Fundamentals of Clinical Pharmacology, disebutkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam serai sangat pakar dalam menghindari resiko kanker payudara  serta menewaskan sel kanker buah dada dengan sangat baik.

9. Membantu Mengecilkan Pori-Pori

Selain membantu mencegah tumbuhnya jerawat, serai juga berfungsi sebagai toner alami yang mampu mengecilkan pori-pori. Anda dapat menggunakan minyak esensial sereh untuk mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Kandungan di dalamnya juga dapat membuat kulitmu terlihat lebih sehat dan bersih.

10. Menghindari Gigitan Nyamuk

Aroma serai yang segar memiliki efek menenangkan dan disukai oleh manusia, tetapi wangi serai ternyata dibenci oleh serangga, termasuk nyamuk. Gigitan nyamuk dapat memberikan rasa gatal dan membekas dibagian kulit. Bahkan beberapa nyamuk memiliki potensi untuk membawa penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

Secara rutin atau sebelum tidur mengoleskan minyak serai wangi pada bagian kulit dipercaya dapat melindungi Anda dari gigitan nyamuk. Manfaat serai untuk menghindari nyamuk juga telah dibuktikan oleh banyak produk pengusir nyamuk dengan daun harum serai.

11. Mencegah Nyeri Otot dan Sendi

Efek analgesik tidak hanya dirasakan untuk mencegah sakit dibagian perut, tetapi juga jenis yang lainnya dari nyeri seperti nyeri sendi dan nyeri otot. Manfaat serai untuk otot meringankan dan nyeri sendi dapat diperoleh dengan konsumsi teh serai atau dengan melakukan pijat menggunakan minyak sereh.

Penutup

Demikian Itulah beberapa manfaat mengesankan dan mengagumkan dari serai buat kesehatan tubuh. Semoga artikel ini berfaat bagi anda dan mohon maaf kalau ada salah penulisan yang kurang berkenan di hati anda Terimakasih.