manfaat bersepeda

3 Manfaat Bersepeda Di Pagi Hari Yang Wajib Diketahui

Bersepeda adalah salah satu bagian latihan kardiovaskular yang memiliki resiko lebih rendah dibanding lari misalnya. Tidak hanya membakar kalori dalam tubuh anda, penelitian yang pernah dilakukan oleh beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa dengan manfaat bersepeda dengan jarak tempuh 35 kilometer secara rutin dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 50%.

Sebelum berolahraga untuk kesehatan jantung, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut. Apa saja? diantaranya pemilihan medan, perhatikan kesehatan tubuh anda, dan juga kecepatan yang anda gunakan.

Bagi yang mengidap penyakit jantung, pemilihan medan jalan raya atau jalan yang mulus sangat disarankan, Jika memang waktu anda tidak terlalu banyak, penggunaan sepeda statis indoor juga cukup baik. Anda pasti akan merasakan manfaat bersepeda lebih maksimal.

Anda juga harus memperhatikan aktivitas sebelum dan sesudah bersepeda, demi menjaga kesehatan jantung anda. Salah satu yang dapat anda lakukan sebelum bersepeda ialah pemanasan. Kegiatan ini sebenarnya tidak hanya dilakukan saat akan bersepeda saja, namun olahraga lainnya juga.

Selain untuk menghindari cidera, pemanasan dilakukan untuk meregangkan otot-otot yang aktif bergerak saat bersepeda.

Ketika anda memang dalam keadaan tidak pernah bersepeda secara rutin, sebaiknya kayuh dengah kecepatan rendah selama 5-10 menit. Hal ini dilakukan sebagai bentuk awal adaptasi jantung anda.

Kecepatan putaran pedal juga harus anda perhatikan, dengan 70 putaran per menit dan dengan kecepatan 27 km/jam anda akan merasakan manfaat bersepeda bagi kesehatan jantung. Jaga kecepatan agar tetap stabil.

Kegiatan akhir saat bersepeda yaitu memastikan bahwa selain aktivitas fisik olahraga yang Anda jalani perhatikan pula asupan gizi atau makanan yang anda konsumsi. Akan menjadi kontra produktif jika pola dan jenis makanan anda masih ‘berisiko tiggi’ bagi kesehatan tubuh, Sehingga anda dapat merasakan manfaat bersepeda lebih optimal.

Siapa sangka, Para akademisi pun ternyata bersepakat bahwa memang pagi hari merupakan waktu ter’oke’ buat berolahraga. Sesuai dengan, pendapat para orang tua terdahulu bahwa Pagi hari merupakan saat di mana udara masih bersih dan segar sehingga suplai oksigen ke dalam tubuh pun optimal.

Kurang oke juga rasanya jika pendapat akademisi tersebut dilatar belakangi alasan yang terkesan klise (udara masih segar) seperti orang tua anda dulu. Ternyata ada beberapa alasan lain yang membuat waktu pagi hari memiliki bobot lebih sebagai pilihan terbaik waktu untuk olahraga termasuk bersepeda.

Manfaat Bersepeda Di Pagi Hari Yang Wajib Diketahui

Bersepeda di pagi hari akan membakar lemak lebih banyak

Secara alami, tubuh anda membakar dua jenis sumber energi Anda yaitu lemak dan glukosa. Baik untuk memulai hari dengan peningkatan metabolisme dalam tubuh, yang berarti Anda melakukan pembakaran lemak saat memulai hari.

Ketika Anda tidur tubuh Anda membakar glukosa dan meninggalkan Anda dengan lemak yang lebih banyak saat bangun. Itulah sebabnya lemak akan lebih banyak dibakar saat olahraga pagi.

Meski demikian, patut anda camkan bahwa Olahraga dengan latihan intensitas tinggi di pagi hari sebelum sarapan sangat tidak dianjurkan oleh para ahli. Sebab, latihan/olahraga dengan intensitas tinggi di pagi hari sebelum sarapan akan berpotensi menjadi penyebab tubuh mengalami kelelahan di tengah latihan sehingga setengah latihan selanjutnya terlewatkan.

Bersepeda di pagi hari dan dapatkan tidur anda lebih nyenyak

Studi telah menunjukkan bahwa pria dan wanita yang berolahraga (termasuk aktivitas bersepeda di dalamnya) di waktu pagi hari akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas (nyenyak) dibandingkan efek yang dapat ditimbulkan oleh aktivitas olahraga pada pilihan waktu lain. Ini disebabkan karena otot-otot membutuhkan waktu untuk bersantai dan menjadi normal, sehingga berolahraga di malam hari misalnya justru akan mengganggu tidur anda.

Pilihan dan ketersediaan ruang yang lebih banyak

Anda tentu akan sepakat jika bersepeda maupun aktivitas olahraga lain di pagi hari maka tujuan dan pilihan ruang pun lebih variatif. anda cenderung bisa bersepeda ke tempat-tempat yang anda kehendaki dengan lebih bebas, sebab waktu pagi mungkin ruang-ruang atau tujuan gowes itu masih cenderung sepi dengan orang dan kendaraan. Efeknya juga berpengaruh pada psikologi anda, pada kondisi ini akan membuat perasaan anda lebih tenang dan leluasa dalam berolahraga.

Itu tadi beberapa ulasan mengenai manfaat bersepeda. Jadi selalu terapkan pola hidup sehat salah satunya dengan cara bersepeda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *