Komponen Umum yang Butuh Service Vacuum Pump

Komponen Umum yang Butuh Service Vacuum Pump

 

Dalam rangka memahami komponen vacuum pump tentunya kamu tak luput dari berbagai komponen yang seringkali rusak atau lebih sering membutuhkan perhatian pemiliknya. Karena jika tidak dilakukan perawatan yang benar maka vacuum pump akan mempunyai efisiensi kerja yang menurun sehingga tidak berumur lama.

Service vacuum pump mudah sekali dijangkau apalagi jika kamu hidup didaerah industry. Selain service perlu dilakukan oleh teknisi resminya langsung. Kamu sebagai pemilik peralatan ini juga harus memahami komponen apa saja yang ada di dalam vacuum pump agar bisa merawatnya sesuai secara prosedur dan memahami mana saja part atau komponen yang seringkali butuh service vacuum pump.

Komponen-Komponen Vacuum Pump yang Paling Butuh Service

Dalam sebuah mesin tentunya pasti ada komponen-komponen yang dibebani kerja paling berat sehingga wajar apabila komponen tersebut membutuhkan perhatian khusus diantaranya pemeliharaan keseharian dan juga service secara berkala. Jika kerusakan ini tidak segera ditangani tentunya akan mempengaruhi komponen lain sehingga ikut rusak dan butuh pergantian juga. Untuk mengantisipasi hal tersebut ada baiknya kamu paham komponen pada vacuum pump yang bekerja paling berat dan membutuhkan ganti part atau komponen pada waktu tertentu.

Kapasitor Vacuum Pump

Kapasitor merupakan salah satu komponen pada vacuum pump yang bekerja paling berat. Kamu bisa mendeteksi kerusakannya melalui nyala mesin dan juga timbulnya bunyi yang aneh dan selanjutnya mesin tersebut mati dan tidak bisa lagi nyala. Untuk kerusakan yang lebih parah lagi kapasitor yang terlalu over kerjanya bisa jadi akan retak dan setelah itu disertai dengan komponen kapasitor meledak. Jika hal tersebut terjadi maka kamu harus mengganti dengan kapasitor yang baru dan resmi sesuai standar pabrik.

Elemen Mesin Bearing atau Laher pada Vacuum Pump

Selain kapasitor ada juga yang namanya bearing, dimana komponen ini kita temukan sering rusak dan membutuhkan pergantian. Biasanya jika bukan kapasitor bearing lah yang harus di cek karena tandanya bisa dilihat dari mesin yang macet kemudian mati.

Katup atau Klep Pelampung

Kerusakan yang sering dialami oleh komponen ini adalah katup atau klep mudah sekali kotor, sehingga ketika kamu tidak bisa rajin membersihkan berbagai kotoran tersebut maka akan jadi membandel dan kerusakan akan berlanjut. Oleh karena ini jika kamu ingin vacuum pump milikmu berumur lebih lama ada baiknya kamu rajin membersihkan komponen ini dan menggantinya apabila diperlukan atau jika sudah memasuki waktu pergantian.

Knalpot Filter

Jika intensitas penggunaan alat ini sangat besar tentunya kamu jangan lupa untuk memerika komponen satu ini. Karena kerja komponen knalpot filter ini sangat keras sehingga perlu diperhatikan kondisinya. Jika alat sudah melampaui 500 jam kerja, yang mana merupakan standar bagi komponen ini harus segera diganti agar kerusakannya tidak berakibat pada komponen yang lain. Nah untuk kerusakannya sendiri knalpot filter bisa diketahui melalui komponen yang dinamakan dengan deteksi tekanan knalpot. Apabila tekanan sudah tidak sesuai dengan standar kapasitasnya maka ada baiknya segera ganti komponen ini agar mesin vacuum pump bisa bekerja optimal.

Metode Pendeteksian Kerusakan Vacuum Pump

Pada sebuah pabrik atau ruang kerja yang memiliki mesin vacuum pump tentunya terdapat pekerja yang bertanggungjawab terhadap kinerja alat ini. Nah cara pendeteksian komponen yang rusak sehingga perlu diganti sangatlah mudah dan memang masih membutuhkan ilmu dan pengalaman. Berikut ini beberapa metode yang bisa kamu kenali sebagai tanda jika mesin tersebut rusak.

Kondisi Suara Vacuum Pump

Hal yang paling memungkinkan untuk deteksi awal adalah suara dari mesin tersebut. Karena tentunya suara mesin yang rusak sangat kentara dan berbeda dari bunyi mesin yang lebih prima. Kondisi ini akan kamu temui jika mesin sudah bekerja lebih dari jam kerjanya, jika sudah begitu alangkah baiknya segera lakukan pengecekan dan bila perlu lakukan ganti komponen sesegera mungkin.

Deteksi Komponen Air Radiator dan Kipasnya

Pengecekan air radiator dibutuhkan ketika komponen tersebut mudah sekali habis. Dimana kemungkinan besar yang terjadi adalah terjadinya kebocoran pada mesinnya, yang mana apabila dibiarkan akan meluas dan memperparah kondisi mesin. Selain itu periksa perputaran kipas radiatornya, jika kurang optimal, dimana hal tersebut akan mengakibatkan mesin panas dan jika kamu terus gunakan mesin bisa jadi overheat dan meledak.

Deteksi Temperatur Mesin

Temperature mesin yang bekerja secara terus menerus harusnya terus dipantau, hal ini untuk menghindari terjadinya overheat yang bisa menimbulkan kerusakan pada mesin yang berkelanjutan. Panasnya sebuah mesih diantaranya diakibatkan oleh kipas radiator yang tifak berfungsi sehingga tidak bisa mendinginkan mesin secara cepat.

 

Berbagai komponen vacuum pump yang sering bermasalah di atas perlu kamu berikan perhatian lebih agar kerusakan yang terjadi tidak semakin parah. Kamu juga perlu sigap dalam bertindak dimana lakukan service vacuum pump secara berkala dan pada waktu pendeteksian awal komponen yang mengalami kerusakan. Kamu bisa langsung menghubungi service vacuum pump resmi Intidaya Dinamika Sejati yang mana merupakan tenaga professional yang ahli dalam perbaikan vacuum pump yang kamu miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *