Guinness

Proses Pengolahan Bir Terbaik

Apakah anda pernah mengetahui bagaimana proses untuk membuat minuman berakohol seperti bir? Mungkin banyak masyarakat yang belum tau bahwa bir mengalami proses yang sangat Panjang dan bisa menjadi salah satu hal yang anda ketahui saat ini. Banyak sekali bir yang saat ini ada di Indonesia dan banyak merk yang anda ketahui atau tidak anda ketahui bukan? Anda tentunya juga penasaran bagaimana proses dan juga cara pengolahan minuman sehingga dapat menjadi bir. Salah satu merk yang mungkin pernah anda dengar adalah Guinness. Bir dengan merk ini memang menjadi salah satu bir yang banyak disukai masyarakat. Namun apakah anda tau bagaimana cara mengolah minuman ini sebagai menjadi bir yang dikenal saat ini?

Bir ini adalah sebuah bir dengan jenis dry stout atau juga biasa disebut sebagai irish stour. Anda akan dapat mengenali bir ini dengan warna khasnya yang memiliki rasa seperti kopi. Dan untuk warna dar bir ini sendiri adalah hitam. Anda dapat menemukan bahwa bir ini sangat mirip dengan kopi jika anda tidak mengetahui merk ini sebelumnya. Untuk bir ini sendiri memang terbuat dari ragi, hops, barley, malt, air dan juga bahan lainnya. Untuk tampilan dan juga aroma dari bir ini memang sangat khas dan bisa anda coba cium dengan sangat khas wanginya. Anda juga akan melihat bahwa selain gelam, anda akan menemukan warna rubi merah gelap pada bir. Anda dapat mengetahui hasil warna tersebut karena adanya campuran nitrogen yang terdapat ketika proses penuangan atau ketika dituangkan.

Anda tentunya tau bahwa bir yang mempunyai kantor dengan pusat di London ini memang mempunyai rasa dan warna yang sangat khas bukan? Bagaimana warna ini ditentukan akan dapat anda coba dengan melihat dari beberapa tahapan yang mungkin dapat anda ketahui dibawah ini,

  1. Tahap pertama saat membuat bir adalah saat akan ada penggilingan semua bahan. Untuk semua bahan memang akan digiling seperti barley dan dipisahkan bijinya serta kemudian akan diambil tepung dan juga seratnya. Anda akan mengetahuinya bulir barley yang akan menjadi grist yang akan segera diproses.
  2. Tahap yang kedua adalah proses gerus dari bahan bahan. Pada grist tadi akan dibuat dan dicampur dengan air panas,. Kemudian kedua bahan tersebut akan segera dicampur dan kemudian disaring dengan menggunakan alat khusus seperti penggerus baja.
  3. Pada tahap selanjutnya, setelah bahan bahan di gerus dan dipisah maka akan segera ada proses pemisahan cairannya dalam suatu gentong yang sangat besar dan sebagai tempat yang akan mengekstrak gula dan juga air sehingga akan dapat menghasilkan yang namanya wort.
  4. Tahap selanjutnya dalam pembuatan bir adalah pendidihan dimana wort akan segera dididihkan dan kemudian ada tambahan Bungan hops yang akan dimasukkan kedalam ya.
  5. Setelah tahap didih selesai maka akan ada tahap fermentasi yang akan dapat anda coba untuk membuat ragi bir dan kemudian akan didiamkan segera.
  6. Setelah tahap itu selesai maka dapat segera menyempurnakan dan melihat apakah rasa dan warna sudah sesuai dengan bir itu sendiri.

Mungkin banyak masyarakat yang belum tau bahwa pembuatan Guinness akan sesulit dan juga serumit itu sehingga anda dapat merasakannya. Warna yang sangat khas dan rasa yang pekat memang hasil dari tahapan yang begitu Panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *